Tips Dan Cara Mencuci Gorden

Gorden yaitu salah satu bab dari rumah yang selain untuk menutupi ruangan di dalam rumah semoga tidak terlihat dari luar, juga untuk mempercantik interior rumah. Pemilihan model dan warna gorden diubahsuaikan dengan konsep yang diusung untuk interior ruangan rumah. Karena fungsinya yang juga untuk memperindah interior rumah, maka kebersihan gorden juga perlu diperhatikan. Ada beberapa teknik cara mencuci gorden yang dapat dilakukan. Seperti contohnya dengan memakai mesin basuh atau dapat juga mencuci dengan tangan. Tapi beberapa ada yang perlu dicuci kering atau dry clean.

Cara mencuci gorden dengan mesin basuh maupun manual caranya hampir sama dengan mencuci baju menyerupai biasa. Untuk mendapat hasil yang baik, sebaiknya gorden direndam terlebih dahulu sebelum dicuci. Cara mencuci gorden untuk langkah awal ini bertujuan untuk memudahkan proses pembersihan nantinya alasannya yaitu ketika direndam kotoran dan abu yang melekat di gorden akan hilang. Lalu sehabis itu gorden dapat dicuci dengan memakai detergen.

Tidak semua gorden disarankan dicuci dengan memakai mesin basuh maupun disikat alasannya yaitu materi tiap gorden yang dipakai berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum membeli gorden ada baiknya bila menanyakan materi apa yang dipakai dan bagaimana cara mencuci gorden tersebut terkait dengan materi yang digunakan. Jika salah dalam mencuci, maka gorden dapat rusak dan materi dapat menyusut atau berbulu. Cara mencuci kain gorden yang polos atau tanpa rumbai dan bordir dapat dengan memakai mesin cuci. Akan tetapi gorden yang berumbai dan dari beludru sebaiknya basuh dengan memakai tangan. Gorden dari chenille sebaiknya dicuci kering semoga kainnya tidak menciut. Gorden dengan pelmet cukup dicuci dengan cara disiram saja dan disikat dengan sikat yang berbulu halus. Pisahkan juga gorden dan renda yang berwarna supaya warnanya tidak luntur.

Cara menjemur gorden yang baik yaitu posisikan poni gorden yang terdiri dari renda atau pelmet menyerupai ketika dipasang. Bagian atasnya dapat dijepit di tali jemuran. Makara bentuk poni tidak berubah dan renda gorden juga tidak kusut. Demikianlah beberapa tips dan cara mencuci gorden. Semoga bermanfaat.